Beranda » Komisaris

Komisaris

Diposting tanggal: 29.03.2019

Rizal Fahlevi Hasibuan (Komisaris Utama)

Lahir di Medan pada tanggal 10 Juli 1959, alumni Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera Utara dan memperoleh gelar Master of Business Administration (MBA Banking & Finance), Portland, Oregon – USA pada tahun 1988.

Menjabat sebagai Komisaris Utama terhitung tanggal 07 Juni 2016 sesuai dengan Pernyataan Keputusan RUPS No. 25 tanggal 29 Juni 2016 oleh Notaris Rahmi Arifa, SH. Rizal Fahlevi Hasibuan juga mendapat penugasan sebagai Ketua Komite Audit sejak tahun 2016. Berdasarkan hasil Musyawarah Kerja Wilayah (Mukerwil) Forum Komunikasi Dewan Komisaris/Pengawas BPD (FKDK/P BPD) Wilayah Barat tanggal 24 Mei 2014 terpilih menjadi Koordinator FKDK/P BPD Wilayah Barat periode tahun 2014-2017. Berdasarkan hasil Musyawarah Nasional Forum Komunikasi Dewan Komisaris/Pengawas BPD Seluruh Indonesia (FKDK/P BPDSI) tanggal 09 Mei 2017 terpilih menjadi Wakil Ketua Umum FKDK/P BPDSI.

Pelatihan dan workshop yang pernah diikuti antara lain Star Club Seminar di Vienna, Million Dollar Round Table (MDRT) – The Premier Association of Financial Professionals di Toronto, Ontario, Canada, President Cabinet Club Seminar di St. Petersberg, St. Moskow – Rusia, Double Star Club Seminar di Istambul – Turki, Penilaian Tingkat Kesehatan Bank, Sinkronisasi Pemeriksaan Berbasis Risiko (Risk Based Audit) dengan Investigasi dan Surprise Audit pada Penerapan Strategi Anti Fraud, Perbankan Syariah dan Praktical Bank Asset Liabilities Management (ALM) Program-Built Around Bank Management Simulation Software Exercises dan telah memiliki sertifikasi level 5 oleh Badan Sertifikasi Manajemen Risiko (BSMR).

Pernah menjabat sebagai Compliance Director PT.Bank Sumut tahun 2000, Risk Management and Compliance Director Bank Tabungan Pensiun Nasional (BTPN) tahun 2003, Financial and Operation Director  tahun 2004, Bank Tabungan Pensiun Nasional (BTPN) tahun 2004, Senior Manager PT. Prudential Life Assurance tahun 2006 dan Staf  Ahli Komisi 6 Dewan Perwakilan Rakyat – Republik Indonesia (DPR-RI) tahun 2011 dan terpilih Komisaris Independen (Pengganti Antar Waktu) PT.Bank Sumut tahun 2012 s.d 2014 dan menjadi Komisaris Independen PT.Bank Sumut tahun 2014 - 2016 serta terpilih menjadi Komisaris Utama PT.Bank Sumut tahun 2016 s.d 2020.

 

Brata Kesuma (Komisaris Independen)

Lahir di Labuhan Deli pada tanggal 13 September 1972, alumni Fakultas Teknik dan Manajemen Industri Universitas Islam Bandung dan memperoleh gelar Master of Business Administration dari Southern Cross University, New South Wales – Australia pada tahun 1998.

Menjabat sebagai Komisaris Independen berdasarkan Keputusan RUPS sejak Bulan September 2012. Brata Kesuma juga mendapat penugasan sebagai Ketua Komite Pemantau Risiko sejak tahun 2012 dan Ketua Remunerasi dan Nominasi PT. Bank SUMUT sejak tahun 2016. Berdasarkan hasil Musyawarah Nasional Forum Komunikasi Dewan Komisaris/Pengawas BPD Seluruh Indonesia (FKDK/P BPDSI) tanggal 09 Mei 2017 terpilih menjadi Ketua Bidang Pengembangan Profesi FKDK/P BPDSI. Berdasarkan Keputusan Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) FKDK/P BPDSI Wilayah Barat tanggal 21 November 2017 terpilih menjadi Koordinator FKDK/P BPDSI Wilayah Barat.

Pendidikan dan Pelatihan dijalani dan diikuti dari dalam dan luar negeri dibidang perbankan sejak tahun 2000 sampai dengan sekarang. Selama tahun 2018 mengikuti pendidikan dan pelatihan diantaranya Seminar Desentralisasi Keuangan Daerah dan Politik APBN 2018, Workshop Optimalisasi Fungsi Kepatuhan Membangun Interpretasi yang tepat pada Peraturan POJK No. 46/POJK.03/2017 dan Strategi Implementasinya, Program Sharing Vision “Chief Data Officer & Big Data Analytics 2018, One Day Sharing Session Evaluasi Triwulan I dan Arah Kebijakan Perekonomian Mendatang, Pendidikan dan Pelatihan Advance Treasury, Workshop Antisipasi Dini Kejahatan (Tindak Pidana) Korporasi - Bagaimana bank-bank dapat Melewati Tuduhan Tindak Pidana Korporasi?, Seminar Peran Dewan Komisaris dalam Penyelesaian Kasus-Kasus Hukum yang terjadi di BPD Seluruh Indonesia, Workshop Revitalisasi Penerapan Tata Kelola dan Pencegahan Fraud di Perbankan, Peran Dewan Komisaris dan Direksi dalam Pencegahan, Deteksi dan Investigasi Fraud di Perbankan serta pendidikan dan pelatihan pada Bidang Manajemen Risiko dan Compliance.

Sebelumnya pernah menjabat sebagai General Manager PT. Pelangi Shipping tahun 1999, Sekretaris Dewan Komisaris dan Anggota Komite Audit dan Anggota komite Pemantau Risiko PT. Bank Riau Kepri.

 

Muchammad Budi Utomo (Komisaris Non Independen)

Lahir di Jakarta pada tanggal 02 Januari 1966, alumni United State - International University. Watford England, Faculty of business and Management pada tahun 1988.

Menjabat sebagai Komisaris Non Independen terhitung tanggal 15 Februari 2019 sesuai dengan Pernyataan Keputusan RUPS No. 05 tanggal 15 Februari 2019 oleh Notaris Rahmi Arifa, SH. Muchammad Budi Utomo juga mendapat penugasan sebagai anggota Komite Remunerasi dan Nominasi PT.Bank Sumut.

Pelatihan dan workshop yang pernah diikuti antara lain Basic Supervisory and Leadership Program di Jakarta, Retail Banking oleh Euromoney Institute of Finance di Singapore, Effective Management Style Trainning, Performance coaching oleh Institute for Leadership & Life Management di Jakarta, Strategi Leadership oleh Australian Institute of Management di Sydney, Australia dan telah memiliki sertifikasi Manajemen Risiko Level 4 oleh Badan Sertifikasi Manajemen Risiko (BSMR) dan telah mengikuti program Pemeliharaan Sertifikasi Manajemen Risiko dengan tema Membangun Budaya Risiko yang Sehat di Perbankan & Tren Strategis di Perbankan Indonesia.

Pernah menjabat sebagai Kepala Cabang Bank Danamon HR. Rasuna Said- Jakarta tahun 1996, Koordinator Wilayah Bank Danamon Jakarta Selatan tahun 1998, Pemimpin Wilayah Bank Danamon Sumatera tahun 2000, Pemimpin Wilayah Bank Danamon Jawa Barat tahun 2003, Consumer Mass Market Head Bank Danamon tahun 2005, Executive Vice President Danamon Simpan Pinjam tahun 2007, dan Executive Vice President Bank Danamon Syariah tahun 2010.