Beranda » Berita » Umum » Bank Sumut Dianugerahi Dua Penghargaan pada Top CSR Award 2018

Bank Sumut Dianugerahi Dua Penghargaan pada Top CSR Award 2018

Rabu, 10.10.2018 - 09:05:54 WIB

 

               Bank Sumut berhasil membawa pulang dua trophy dari gelaran Top CSR 2018 yang diselenggarakan di The Sultan Hotel, Jakarta, Kamis (4/10). Dua trophy tersebut berasal dari dua kategori yaitu Kategori Top CSR Improvement 2018 untuk Bank Sumut dan Top Leader on CSR Commitment 2018 untuk Direktur Utama Bank Sumut, Edie Rizliyanto. M. Lutfi Handayani, Ketua Penyelenggara Top CSR 2018 dan salah seorang dewan juri, Melani K. Harriman menyerahkan secara langsung kedua trophy itu kepada Pemimpin Sekretaris Perusahaan Bank Sumut, Syahdan Ridwan Siregar yang hadir mewakili Bank Sumut.

               Ketua penyelenggara Top CSR 2018, M. Lutfi Handayani, memaparkan dalam laporannya bahwa penilaian pemenang Top CSR didasarkan kepada keterkaitan program CSR (Corporate Social Responsibility) terhadap tiga hal yakni ISO 26000, strategi bisnis yang menggunakan pendekatan CSV (Creating Share Value), dan praktek GCG. “Dari 150 perusahaan peserta, hanya 72 perusahaan yang ditetapkan menjadi pemenang Top CSR 2018 di berbagai kategori sektor usaha,” jelas Lutfi.

               Lutfi juga menegaskan bahwa penghargaan Top CSR ini merupakan pemberian penghargaan CSR tertinggi dan paling komprehensif di Indonesia. “Selain mendapatkan nilai tambah dalam presentasi dan wawancara penjurian, setiap peserta juga mendapatkan feedback tertulis untuk pengembangan CSR di masa mendatang,” lanjut Lutfi.

               Sementara itu pada kesempatan yang sama, Sekretaris Perusahan Bank Sumut, Syahdan Ridwan Siregar menyampaikan bahwa penghargaan untuk kategori CSR ini menjadi kebanggan tersendiri bagi Bank Sumut. “Perolehan predikat prestisius ini membuktikan bahwa program-program CSR Bank Sumut dinilai sudah dijalankan dengan baik dan tepat sasaran. Kedepannya, Bank Sumut akan tetap berkomitmen untuk terus memberikan kontribusi yang tinggi bagi pembangunan dan kesejahteraan masyarakat diantaranya melalui penyaluran dana CSR yang lebih baik,” kata Syahdan. Syahdan juga mengemukakan bahwa dalam ajang Top CSR ini, Bank Sumut telah mengikuti serangkaian penjurian yang cukup ketat mulai dari seleksi wawancara dan penilaian melalui aplikasi Social Responsibility Index (SR Index) yang mengacu kepada ISO 26000.   

               Sejak tahun 2010, CSR Bank Sumut telah menyalurkan lebih dari 101 milyar dana CSR yang terbagi dalam tiga pilar. Pilar-pilar tersebut adalah pilar ekonomi, pilar pendidikan kewirausahan, dan pilar lingkungan hidup. Sementara untuk pengelolaannya, CSR Bank Sumut terbagi dua, ada yang bersinergi dengan pemerintah daerah sebagai pemegang saham dan ada yang dikelola langsung oleh Bank Sumut.