Beranda » Berita » Umum » Investree dan Bank Sumut Tandatangani Nota Kesepakatan Bersama Kemitraan

Investree dan Bank Sumut Tandatangani Nota Kesepakatan Bersama Kemitraan

Kamis, 03.05.2018 - 08:12:51 WIB

Kolaborasi strategis yang pertama kalinya dilakukan oleh Investree dengan Bank Pembangunan Daerah ini bertujuan untuk merealisasikan manfaat hadirnya fintech dalam meningkatkan inklusi keuangan di daerah luar Pulau Jawa dan membantu bank dalam mengimbangi kebutuhan nasabah khususnya pemberdayaan UMKM.

Jakarta, 3 Mei 2018 — Investree (PT Investree Radhika Jaya) dan Bank Sumut (PT Bank Sumut) menandatangani Nota Kesepahaman Kemitraan Penjualan yang menjadi kolaborasi strategis lainnya oleh Investree sebagai perusahaan financialtechnology (fintech) terpercaya sekaligus pionir peer-to-peer lending platform di Indonesia dengan salah satu institusi perbankan berupa Bank Pembangunan Daerah (BPD) di Indonesia dalam memperluas jangkauan nasabah di wilayah Sumatera Utara serta meningkatkan inklusi keuangan di Tanah Air.

Kolaborasi strategis ini menunjukkan upaya perusahaan fintech dan institusi keuangan daerah untuk bersama-sama memberdayakan industri Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) terlebih UMKM di daerah luar pulau Jawa melalui semangat “Semua Bisa Tumbuh”—sesuai dengan tagline Investree—dengan mempertemukan pihak yang membutuhkan pinjaman dengan pihak yang ingin memberikan pinjaman.

Co-Founder & CEO Investree Adrian Gunadi mengatakan, “Kemitraan ini merupakan kolaborasi kesekian yang dilakukan oleh Investree dengan sektor perbankan dan menjadi yang pertama kali dilakukan bersama BPD. Kali ini dengan Bank Sumut, kami melakukan Kemitraan Penyaluran Kredit Berbasis Teknologi Informasi, di mana Bank Sumut akan berperan dalam memperkenalkan produk dan layanan Investree serta mengajak nasabahnya untuk mengajukan pinjaman atau melakukan pendanaan untuk pinjaman bisnis yang tersedia di platform Investree melalui kemudahan dan kenyamanan fintech peer-to-peer lending.”

Menurut Adrian, Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 77/POJK.01/2016 Tahun 2016 tentang Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi atau Fintech turut mendorong lahirnya kerjasama ini secara positif. “Regulasi tersebut membuat kami merasa didukung untuk mengembangkan bisnis dan meningkatkan layanan sesuai dengan rambu-rambu yang jelas, yang dalam kesempatan ini kami lakukan bersama Bank Sumut dengan fokus operasi di Sumatera Utara agar bisa menjangkau lebih banyak lagi masyarakat di daerah luar Pulau Jawa. Kami harap, kerjasama ini dapat membantu mewujudkan inklusi keuangan yang lebih merata ke seluruh wilayah Indonesia,” tambah Adrian.

Direktur Utama Bank Sumut Edie Rizliyanto menjelaskan, “Kami ingin selalu memberikan layanan terbaik bagi nasabah kami dan kami rasa, kehadiran fintech ini mampu membantu kami mewujudkan digital banking untuk peningkatan layanan kepada para nasabah kami. Melalui kerjasama dengan Investree, kami menghadirkan ragam pilihan produk teknologi finansial yang dapat membantu kami memberikan solusi dari setiap kebutuhan nasabah sehingga kini, fintech dan bank dapat berdampingan dalam usaha mencapai inklusi keuangan.”

Bentuk kerjasama yang dilakukan oleh Investree dan Bank Sumut akan memudahkan nasabah Bank Sumut yang belum terjangkau dalam kategori layak kredit, baik karyawan yang membutuhkan dana cepat maupun badan usaha yang belum memenuhi syarat perbankan, dalam memperoleh pinjaman dan akan diarahkan ke platform Investree sebagai solusi memperoleh pinjaman secara aman, mudah, dan cepat. Investree pun dapat menjadi opsi lain bagi nasabah Bank Sumut yang ingin berinvestasi dengan meminjamkan dananya untuk pertumbuhan UMKM. Sehingga masyarakat yang belum terjangkau oleh bank akan lebih terbantu terberdayakan demi menciptakan keuangan inklusif di Tanah Air.