Beranda » Berita » Umum » Kembangkan Inovasi dalam Bidang Penerimaan Pajak, Bank Sumut Raih Digital Innovation Award 2017

Kembangkan Inovasi dalam Bidang Penerimaan Pajak, Bank Sumut Raih Digital Innovation Award 2017

Rabu, 21.06.2017 - 02:49:55 WIB

 

Keseriusan Bank Sumut mengembangkan inovasi dalam bidang pelayanan penerimaan pajak mendapat ganjaran penghargaan bergengsi pada event Indonesia Digital Innovation Award 2017 kategori Special Mention for Supporting Tax Absorption. Keberhasilan ini diperoleh Bank Sumut karena dianggap telah melakukan inovasi yang membantu penyerapan pajak dengan cara mengembangkan aplikasi untuk memudahkan nasabah membayar pajak, yaitu E-Samsat yang diluncurkan berkat program kerjasama antara Bank Sumut dengan Dinas Pendapatan Daerah Pemerintah Provinsi Sumatera Utara.

Penghargaan tersebut diserahkan oleh Deputi Komisioner Manajemen Strategis 1A Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Imansyah, Pemimpin Redaksi Warta Ekonomi Muhamad Ihsan, dan Founder Warta Ekonomi, Fadel Muhammad, kepada Direktur Utama Bank Sumut, Edie Rizliyanto, pada malam penganugerahan Indonesia Digital Innovation Award 2017, di Ballroom Hotel Pullman, Jakarta Pusat, Jumat (16/6).

Direktur Utama Bank Sumut, Edie Rizliyanto, yang ditemui saat usai acara tersebut, menyampaikan rasa syukurnya atas prestasi yang diraih Bank Sumut ini. Menurutnya, penghargaan yang diraih merupakan hasil prestasi bersama dari para stakeholders yang mendukung Bank Sumut. “Kami akan tetap berupaya memenuhi kebutuhan nasabah untuk dapat melakukan kemudahan transaksi perbankan dengan bantuan inovasi dan pengembangan teknologi. Tiada henti kami ucapkan terima kasih atas kepercayaan nasabah dan kepada semua pihak yang telah mendukung selama ini,” kata Edie.

Pemimpin Redaksi Majalah Warta Ekonomi, Muhammad Ihsan, mengatakan special mention adalah penghargaan khusus ke suatu lembaga karena memiliki nilai lebih dalam suatu hal. Riset Indonesia Digital Innovation Award 2017 dilakukan sejak 27 Maret hingga 28 April 2017 dan menjaring perusahaan dari berbagai kategori. Perusahaan yang dinilai adalah perusahaan yang beroperasi di wilayah Indonesia. “Metode yang digunakan dalam penelitian adalah desk research, yaitu pengumpulan data-data melalui publikasi perusahaan ataupun berita-berita terbaru berisikan informasi terkait yang dibutuhkan. Terutama data-data berupa penerapan inovasi digital dalam kegiatan operasional perusahaan,” jelas Ihsan.

Lebih lanjut dalam keterangan persnya, Muhammad Ihsan mengatakan Indonesia Digital Innovation Award 2017 merupakan suatu bentuk apresiasi yang diberikan oleh Majalah Warta Ekonomi kepada perusahaan-perusahaan di Indonesia yang mampu menghasilkan inovasi terbaik dalam hal produk dan layanan yang menerapkan teknologi digital sehingga tetap bertahan dan berkembang di tengah sengitnya persaingan industri.

Program E-Samsat Bank Sumut merupakan program yang telah resmi diluncurkan Bank Sumut bekerja sama dengan Dinas Pendapatan Daerah Pemerintah Provinsi Sumatera Utara,  Jasa Raharja dan Direktorat Lalulintas Polda Sumut pada 17 April 2017 lalu. Program ini memberikan kemudahan bagi masyarakat yang hendak membayar pajak berkendaraan bermotor dengan memanfaatkan tiga channel, yakni di seluruh cabang Bank Sumut, ATM Bank Sumut dan SMS Banking. Diharapkan dengan memanfaatkan layanan ini, masyarakat tidak perlu lagi harus mengantri di Kantor Samsat untuk membayar pajak kendaraan bermotor, tapi cukup membayarnya melalui ATM ataupun memanfaatkan layanan SMS Banking Bank Sumut.