Beranda » Berita » Umum » Salurkan UMKM Hampir Rp.8.5 Trilyun, Bank Sumut Raih The Best bank 2017

Salurkan UMKM Hampir Rp.8.5 Trilyun, Bank Sumut Raih The Best bank 2017

Senin, 19.06.2017 - 10:12:22 WIB

 

Seiring dengan gencarnya menyalurkan kredit UMKM, Bank Sumut meraih penghargaan The Best Bank Kategori Pangsa Penyaluran Kredit UMKM Terbesar untuk BPD dengan aset diatas Rp. 10 Triliun versi Majalah Investor. Penghargaan yang diserahkan di Financial Hall Graha CIMB Niaga, Selasa (13/6), tersebut seakan melengkapi torehan prestasi bank daerah kebanggaan masyarakat Sumatera Utara tersebut, setelah sebelumnya sukses meraih TOP BPD untuk kategori kinerja keuangan.

Hadir mewakili Bank Sumut saat menerima penghargaan tersebut, Pemimpin Divisi Ritel, Hadi Sucipto. Dalam keterangan persnya kepada wartawan, Hadi mengatakan penghargaan ini merupakan apresiasi atas dedikasi seluruh karyawan, maupun Credit Marketing Officer (CMO) Bank Sumut dalam menyalurkan kredit UMKM. Hadi menjelaskan, per 31 desember 2016, porsi penyaluran kredit UMKM Bank Sumut mencapai Rp. 8,5 triliun atau 43.78% dari seluruh total kredit yang diberikan, dengan jumlah debitur yang mencapai lebih kurang 87 ribu nasabah.

Untuk meningkatkan portofolio kreditnya, Bank Sumut terus berupaya untuk meningkatkan jaringan pelayanan serta menambah fitur-fitur produk kredit khususnya UMKM. Selain itu, Bank Sumut juga merupakan salah satu bank daerah yang ikut menyalurkan KUR. Hadir pada acara penghargaan tersebut Deputi Pengawas Perbankan OJK, Santoso Wibowo, Kepala Eksekutif LPS, Fauzi Ichsan, Ketua Umum Asbanda, Kresno Sediarsi, dan sejumlah perwakilan bank-bank di seluruh Indonesia.

Director Media Holding BERITASATU, Primus Dorimulu, yang juga Pemimpin Redaksi Majalah Investor dalam pemaparannya menyampaikan bahwa penilaian The Best Bank dilakukan dengan memperhatikan kinerja keuangan pada tahun buku 2016. Ada beberapa indikator penilaian, antara lain aset diatas 1 triliun, laba bersih tahun buku 2016 tercatat positif, dan Capital Adequaty Ratio (CAR) diatas 10 persen. Selanjutnya bank-bank tersebut kemudian dilakukan seleksi dan penjurian oleh tim juri. Khusus pada tahun ini, tim juri yang diketuai Sigit Pramono juga memberikan apresiasi kepada bank-bank yang menyalurkan kredit UMKM terbesar. Selain Bank SUMUT, penghargaan porsi kredit UMKM terbesar untuk BPD juga diberikan kepada PT. BPD Maluku Malut, sementara untuk Bank Umum, penghargaan tersebut diberikan kepada tiga bank umum, yaitu PT Bank Rakyat Indonesia Tbk, PT Bank Bukopin Tbk dan PT Bank Fama International.