Beranda » Berita » Umum » Bentuk APEX, Bank Sumut Ayomi Puluhan BPR

Bentuk APEX, Bank Sumut Ayomi Puluhan BPR

Senin, 15.05.2017 - 11:32:24 WIB

Bank Sumut bekerjasama dengan Perhimpunan Bank Perkreditan Rakyat Indonesia Sumatera Utara (Perbarindo), resmi membentuk lembaga APEX (Pengayom) bagi bank-bank perkreditan rakyat di wilayah Sumatera Utara. Sosialisasi lembaga tersebut dilakukan di Cypress Room Hotel Aston Medan.

Turut hadir pada acara tersebut Komisioner OJK merangkap kepala eksekutif pengawas keuangan Nelson Tampubolon, Pimpinan OJK Regional 5 Sumatera Lukdir Gultom, Direktur Utama Bank Sumut Edie Rizliyanto dan Ketua Perbarindo Sumut Syaffruddin Siregar.

Direktur Utama PT Bank Sumut, Edie Rizliyanto mengatakan, pembentukan APEX tersebut merupakan dukungan PT Bank Sumut dalam peningkatan pertumbuhan ekonomi di Sumatera Utara. Melalui sinergi antara Bank Sumut dengan BPR dalam peningkatan kredit perbankan terhadap UMKM, serta meningkatnya jumlah umkm yang memperoleh kredit perbankan.

"Yang telah menjadi anggota APEX Bank Sumut dan telah menempatkan setoran wajib minimum, telah dapat menikmati fasilitas dana bergulir dan dana liquidity mismatch, sesuai dengan ketentuan yang telah disepakati antara Bank Sumut dengan Perbarindo selaku lembaga yang menaungi BPR," ujarnya Senin (8/5).

Sementara itu, Ketua Perbarindo Sumut, Syafruddin Siregar mengatakan, pembentukan APEX Di Sumatera Utara telah direncanakan sejak 6 tahun yang lalu dan sampai saat ini sudah 40 BPR yang memenuhi syarat, dan sudah 29 BPR yang telah menyetorkan dana simpanan wajib minimum.

Syafruddin juga menghimbau BPR lainnya yang belum memenuhi syarat agar mendaftarkan diri menjadi anggota APEX.

Pembentukan APEX Bank Sumut dan Perbarindo tersebut, diyakini akan mampu meningkatkan kinerja dari seluruh perbankan termasuk juga BPR.

Dalam kesempatan tersebut juga dipaparkan peningkatan kinerja keuangan perbankan secara umum Tahun 2016 YoY, jauh lebih meningkat dibandingkan Tahun 2015.

Acara tersebut juga diikiuti dengan sosialisasi lembaga APEX Bank Sumut yang disampaikan oleh Pemimpin Divisi Treasury Bank Sumut Maulana Akhyar Lubis.

"Ruang lingkup lembaga APEX Bank Sumut ini nantinya akan mencakup 3 hal yaitu Penghimpunan Sumber Dana Lembaga APEX melalui penerimaan dana simpanan wajib minimum anggota lembaga APEX, penyaluran fasilitas dana mismatch apabila lembaga anggota membutuhkan dana likuiditas jangka pendek untuk mengatasi mismatch, dan penyaluran fasilitas dana bergulir apabila anggota APEX membutuhkan dana bukan dalam kondisi mismatch," terangnya.