Beranda » Berita » Umum » Bank Sumut Gelar Lomba Reportase Interpretatif

Bank Sumut Gelar Lomba Reportase Interpretatif

Rabu, 21.09.2016 - 07:25:42 WIB

Bank Sumut Gelar Lomba Reportase Interpretatif 

                Menyambut hari jadinya yang ke-55 November mendatang, Bank Sumut menyelenggarakan lomba karya reportase yang pesertanya ditujukan khusus kepada para awak media. Kompetisi bertajuk Bank Sumut Journalism Award ini terbuka bagi seluruh wartawan Indonesia baik wartawan yang bekerja di media cetak, media online dan radio, yang dibuktikan dengan foto copy kartu identitas kewartawanan dari perusahaan tempat wartawan bekerja.

                Pendaftaran telah dibuka sejak 10 September 2016. Hadiah menarik telah disiapkan bagi para pemenang. Uang tunai senilai total 18.000.000 rupiah akan diperebutkan dalam kompetisi ini. Juara pertama akan mendapatkan hadiah uang tunai sebesar 6.000.000 rupiah, juara kedua mendapatkan hadiah uang tunai 4.500.000 rupiah, dan juara ketiga mendapatkan hadiah uang tunai sebesar 3.000.000 rupiah. Sementara untuk juara harapan I akan mendapatkan hadiah uang tunai sebesar 2.000.000 rupiah, juara harapan II mendapatkan hadiah uang tunai 1.500.000 rupiah dan juara harapan III mendapatkan hadiah uang tunai sebesar 1.000.000 rupiah.

                Karya yang dilombakan adalah karya reportase dalam bentuk news features ataupun reportase interpretatif, bukan artikel opini ataupun berita dengan format straight news. Karya tersebut nantinya wajib dipublikasikan di media dimana masing-masing wartawan bekerja dengan batas waktu hingga 10 Oktober 2016.

Reportase  interpretatif merupakan pengungkapan peristiwa disertai usaha memberikan arti pada peristiwa tersebut dan menggali suatu berita secara mendalam. Dengan kata lain jurnalis mampu menyajikan interpretasi dan analisis berita melalui tulisan yang dihasilkannya dari proses reportase.

                Ada empat tema reportase yang bebas dipilih oleh peserta dengan panjang tulisan minimal 4.000 karakter. Tema-tema yang dikompetisikan adalah “55 Tahun Bank Sumut: Menuju Transformasi BPD”, “Kontribusi Bank Sumut dalam Pengembangan Infrastruktur di Sumatera Utara”, Kisah Sukses Usaha Mikro Kecil dan Peran Bank Sumut dalam Pemberdayaan UMKM”, dan “Tanggung Jawab Sosial (CSR) Bank Sumut”.

                Pelaksana Pemimpin Bidang Public Relations, Erwinsyah, mengatakan selain dalam rangka menyambut hari ulang tahun Bank Sumut, lomba ini digelar sebagai bentuk apresiasi kepada jurnalis dalam menciptakan karya reportase yang bermutu. “Nantinya naskah tulisan para pemenang akan kita publikasikan dalam bentuk buku kumpulan reportase perbankan yang berkualitas dan dapat meningkatkan rasa optimisme publik,” ujar Erwinsyah.    

                Lebih lanjut, Erwinsyah menjelaskan peserta bebas mewawancarai siapa saja yang dinilai layak menjadi sumber berita seperti pemerhati ekonomi, akademisi, anggota legislatif, pemerintah, dan lain-lain. “Dengan narasumber yang beragam dan informasi yang multilinier, reportase interpretatif jurnalis akan menjadi lebih kritis, bermakna konstruktif, dan mencerdaskan pembaca,” tambahnya. Khusus terhadap sumber-sumber berita yang terkait atau memiliki akses dengan Bank Sumut, peserta dapat meminta bantuan koordinasi wawancara melalui pihak panitia 

                Naskah yang telah dipublikasikan dan akan diikutsertakan dalam kompetisi wajib diserahkan ke Bidang Public Relations (PR) Sekretaris Perusahaan PT. Bank Sumut Jalan Imam Bonjol Nomor 18 Medan, atau melalui email corporate@banksumut.com selambat-lambatnya tanggal  15 Oktober 2016.